PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Pertanian Lahan Rawa

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Pertanian Lahan Rawa

Optimalkan Pengelolaan Lahan IP2SIP, BSIP Rawa melakukan Re-Strukturisasi Organisasi penanggung jawab IP2SIP




Pada akhir April 2024, BSIP Lahan Rawa melepas seorang pegawai dari unit IP2SIP Manarap yang telah menyelesaikan masa bhaktinya. Hal ini mendorong perlunya restrukturisasi organisasi terutama di unit Instalasi Penerapan dan Pengujian Standar Instrumen Pertanian (IP2SIP). Bertempat di Ruang Rapat Gambut pada 8 Mei 2024, Bapak Kasubbag Tata Usaha, Zainuddin, S.P. memimpin rapat koordinasi dengan agenda restrukturisasi pengelola IP2SIP, Taman Sains Pertanian (TSP) Lahan Rawa, dan Rumah Kaca (RK).

BPSI Pertanian Lahan Rawa dalam pelaksanaan Tupoksinya didukung oleh 5 IP2SIP yang tersebar di 5 lokasi yang mewakili tipologi lahan rawa Indonesia.  IP2SIP Banjarbaru dengan ciri khas rawa lebak dangkal dengan vegetasi utamanya tanaman hortikultura. IP2SIP Manarap mewakili lahan rawa pasang surut tipe luapan C dengan vegetasi utamanya tanaman padi. IP2SIP Belandean merupakan wakil lahan rawa pasang surut tipe B, yang memperlihatkan sistem tata air mikro satu arah dengan tabat konservasi (SISTAK). IP2SIP Tawar dan Tanggul merupakan wakil lahan rawa lebak tengahan dan lebak dalam. IP2SIP Binuang merupakan wakil lahan rawa lebak dangkal dengan dominasi vegetasi tanaman perkebunan. 

Melalui restrukturisasi organisasi ini, diharapkan kedepannya semua penanggung jawab IP2SIP dapat berproses lebih baik lagi dan menemukan ide-ide baru untuk mendukung fungsi IP2SIP sebagai sarana pengujian produk instrumen serta model pengelolaan pertanian berbasis lahan rawa terstandar dan berkelanjutan. (WM/MAS)