PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Pertanian Lahan Rawa

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Pertanian Lahan Rawa

BSIP Lahan Rawa Paparkan Draft RSNI Tata Air Mikro dalam Rapat Koordinasi Progres RSNI Lingkup SDLP




Dr. Yuli Lestari menjelaskan bahwa Draft RSNI1 yang tengah disusun yaitu Standar Sistem Tata Air Mikro di Lahan Rawa Pasang Surut Tipe Luapan B yang ditetapkan berdasarkan SK Kepala BSN Nomor 2/KEP/BSN/I/2024. "Penyusunan standar ini sangat penting karena kunci utama dalam pengembangan budidaya pertanian di lahan rawa pasang surut adalah penataan lahan dan penataan air," ujarnya. Standar tersebut dirancang untuk memberikan panduan yang jelas dan terstruktur mengenai pengelolaan air di lahan rawa pasang surut, yang merupakan salah satu elemen kritis untuk keberhasilan budidaya pertanian di wilayah tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Yuli juga menginformasikan bahwa progres penyusunan draft RSNI1 tata air mikro telah mencapai 85% dan diharapkan dalam waktu dekat finalisasi dokumen RSNI ini bisa segera diselesaikan.

Dengan adanya standar ini, diharapkan bermanfaat bagi petani dan masyarakat luas. Selain itu, lahan rawa pasang surut tipe luapan B dapat dikelola dengan lebih efisien dan produktif, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan mendukung ketahanan pangan nasional. (AF/MLF)