PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Pertanian Lahan Rawa

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Pertanian Lahan Rawa

BSIP Lahan Rawa Gelar Pelatihan SIG untuk Optimalisasi Lahan




#rawabisa


Selasa, 21 Mei 2024, BSIP Lahan Rawa menyelenggarakan Bimbingan Teknis Geospasial untuk Mendukung Optimalisasi Lahan Rawa. Pelatihan ini dibawakan oleh Seprianto, S.P. dan diikuti oleh 19 peserta yang merupakan pegawai BSIP Lahan Rawa. Acara ini dilaksanakan secara in-house di Ruang Rapat Pasang Surut BSIP Lahan Rawa.

Selama bimbingan teknis, peserta mempelajari dasar-dasar Sistem Informasi Geografis (SIG), termasuk pengenalan data geospasial dan data spasial, pengolahan data vektor dan raster, serta praktek langsung menggunakan aplikasi ArcGIS. SIG adalah sistem yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola, dan menghasilkan informasi yang memiliki rujukan spasial atau geografis, dengan output akhir berupa peta atau grafik.

Dalam pelaksanaan kegiatan Optimalisasi Lahan Rawa (Oplah), proses dimulai dari perencanaan melalui kegiatan Survey Investigasi Desain (SID). Output dari SID Oplah meliputi gambar desain yang memuat peta wilayah, peta situasi, layout desain pekerjaan, gambar desain infrastruktur, serta Rencana Anggaran Biaya (RAB). Selain itu, output juga mencakup peta digital dalam format .shp calon lokasi kegiatan, laporan pelaksanaan, dan data survei yang memuat karakteristik lahan, kondisi genangan, tingkat kemasaman air/lahan, luas lahan riil, kondisi eksisting indeks pertanaman dan alsintan, serta profil petani.

Dengan adanya bimbingan teknis ini, diharapkan kemampuan pegawai BSIP Lahan Rawa, khususnya dalam bidang SIG, dapat meningkat. Hal ini penting untuk mendukung pelaksanaan optimalisasi lahan secara lebih efektif dan efisien.(RI)