PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Pertanian Lahan Rawa

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Pertanian Lahan Rawa

BSIP Lahan Rawa Dorong Inovasi untuk Ketahanan Pangan pada PSPP Vol. 10 2024




) Dalam upaya meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian kembali menggelar Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh (PSPP) Volume 10 Tahun 2024. Pelatihan ini mengusung tema "Gerakan Antisipasi Darurat Pangan Nasional" dan berlangsung selama tiga hari, mulai dari 5 hingga 7 Juni 2024, di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan.

Salah satu sorotan utama dari PSPP Volume 10 Tahun 2024 adalah partisipasi BSIP Lahan Rawa, yang diwakili oleh Ani Susilawati, S.P., M.Sc. Sebagai narasumber, Ani menyampaikan materi penting mengenai Teknologi Budidaya Padi di Lahan Rawa. Dalam pemaparannya, Ani menekankan pentingnya inovasi teknologi dalam budidaya padi di lahan rawa untuk meningkatkan produktivitas dan ketahanan pangan nasional.

Materi yang disampaikan oleh BSIP Lahan Rawa mendapatkan perhatian khusus dari peserta pelatihan, yang terdiri dari petani, penyuluh pertanian, dan Bintara Pembina Desa (BABINSA). Ani Susilawati menjelaskan berbagai teknik yang dapat diterapkan dalam budidaya padi di lahan rawa.

Dengan pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat untuk meningkatkan hasil pertanian di daerah masing-masing, serta turut berkontribusi dalam mengatasi ancaman krisis pangan nasional. Pelatihan ini juga menjadi momentum bagi para petani dan penyuluh untuk terus belajar dan beradaptasi dengan teknologi terbaru demi kemajuan pertanian Indonesia.(AS/AF)